You are here:Home|knowledge|Me-Rasional-Kan Digital Mining Dalam Blockchain (I)

Me-Rasional-Kan Digital Mining Dalam Blockchain (I)

Ada-ada saja yang datang ke kantor metarobo, sekedar bertanya atau hanya sekedar mampir ngopi. Kita sangat senang jika kedatangan rekan atau kawan yang bertanya seputar masalah bitcoin dan 'rekan-rekan' bitcoin lainnya diluar konteks trading. Karena metarobo mengarahkan untuk mining sebagai cara yang benar ikut berpartisipasi ikut serta desentralisasi blockchain kira-kira begitu.

Sambil menyeruput kopi biasanya terjadi diskusi 2 arah yang progressif begitu kurang lebihnya, kita rangkum dalam beberapa bagian tulisan tentunya untuk dapat di pahami dan me-rasional-kan Blockchain dan bagaimana ikut serta sebagai penambang digital.

Beberapa pertanyaan unik, disini metarobo sebagai penjawab di tulis sebagai 'A' dan rekan2 yang datang sambil ngopi dan bertanya kita sebut sebagai penanya atau 'Q'.

Q: Kenapa gua harus mining bro bukan trading?

A: Ga harus mining juga kali bro, pilih aja kalau mau trading juga kita ga bisa melarang, toh yang lo pake trading duit lo kan.. kalau ditanya kenapa mining daripada trading banyak alasan gua untuk mining.

  • Di mining lo ga perlu mikirin harga naik atau turun, dikarenakan lo nambang berapapun lo dapet pasti langsung masuk wallet digital lo dalam bentuk ethereum atau bitcoin.
  • Di mining lo tiap mau tidur ga perlu gelisah ada open posisi yang masih menggantung, dan bangun tidur lo juga ga gelisah liat open posisi yg belum profit, dikarenakan di mining lo cuma mengumpulkan hasil mining dalam bentuk ether atau bitcoin sehingga ga ada open posisi yg menggantung, bangun tidur lo pasti ceria kalau wallet lo dah notif terima hasil tambang.
  • Di mining ga ada istilah lo tegang bro, dikarenakan ga harus baca fundamental berita dan liat analisa teknikal harga, selama mesin lo nyala dan menambang lo tinggal tunggu waktu berapa jam lagi lo akan dapat hasil.

Q: Mining itu dapat duit dari mana bro?

A: Ibaratnya mesin kita itu pekerja bro, cuma membuat mesinnya ini juga perlu ilmu lebih dikit lah.. nah mesin kita itu bertugas mencatat transaksi yang ada di jaringan mesinnya, kalau mesin mining bitcoin mencatat transaksi bitcoin, kalau mesin mining ethereum ya mencatat transaksi di jaringan ethereum. Setiap pekerjaan yang di catat mesin kita dalam satuan tertentu akan langsung masuk ke dompet digital kita. Kalau mesin ethereum ya kita mesti punya dompet ethereum untuk menampung hasil tambang mesin kita... selanjutnya setelah berada di dompet digital kita sudah terserah pemiliknya mau menjual kapan saja.. saat ini mulai banyak tempat penukaran mata uang digital yang langsung masuk rekening bank di Indonesia.

Q: ooh gw paham dikit sekarang, trus menurut lo bagus mana, gua punya mesin mining, bitcoin atau ethereum?

A: Iya emang kalau paham banyak lo pasti langsung bikin mesinnya sekarang juga hahaha... kalau pilih mana sih bebas bro.. kalau gua liat jangka panjang kedepan ya, karena mesin mining bitcoin dan ethereum itu satu hal yang punya perbedaan sangat besar. Mesin mining bitcoin ga bisa buat nambang ethereum.. tapi mesin tambang ethereum bisa buat nambang bitcoin tetapi ga optimal.. nah yang optimal tentu lo mesti tau mau nambang apa dulu, bitcoin atau ethereum. Faktor resiko di mining jadi besar kalau salah pilih mesin, gw lebih suka mesin tambang ethereum karena lebih fleksibel, memiliki nilai jual saat mesin sudah tidak kita pakai lagi, yang tidak berlaku di mesin mining bitcoin.

Q: ok bro kalo gitu gw kumpulin duit dulu dah buat beli mesin

A: hahaha....siapp

 

... Bersambung

Office

Jl. Rawamangun Muka Timur no.78,

Jakarta, Indonesia

Phone

  • Mobile 0822-5050-2727
  • Whatsapp 0822-5050-2727

Email

  • info@metarobo.com